インドネシアのネットニュースでも配信されました。
Diah Afrilian-detikFood 2021年1月25日月曜日16:00WIB
https://food.detik.com/info-kuliner/d-5346495/baru-kecap-cokelat-racikan-kecap-unik-dari-jepang?fbclid=IwAR0MKbaOyegWnZZdV9K9m-YMd1lvddzaW5LgVI9jJROlJMLjNbCsjJ9RlaY

Jakarta – 

Biasanya kecap dibuat dari kacang kedelai. Tetapi bagaimana jika kecap dan cokelat digabungkan jadi satu. Kira-kira gimana rasanya ya?

Soy sauce atau kecap merupakan bumbu yang populer dalam berbagai masakan Asia. Kecap terbuat dari kedelai hitam atau kedelai kuning yang umumnya memiliki rasa yang manis atau asin.

Kecap manis akan cenderung memiliki konsistensi yang kental. Sedangkan kecap asin biasanya berbentuk jauh lebih encer dibanding kecap manis dengan rasa manis yang kuat.

Jika kamu penggemar sushi dan sashimi, kamu pasti tidak asing dengan soy sauce. Tetapi bagaimana rasanya jika kecap dicampur dengan cokelat?

ジャカルタ

通常、醤油は 大豆から作られています。しかし、醤油とチョコレートを1つにまとめたらどうなるでしょうか。気分はどうですか?

醤油や醤油は、さまざまなアジア料理で人気のある調味料です。醤油は黒または黄色の大豆から作られ、一般的に甘くて塩辛い味がします。

甘い醤油は濃厚な粘り気があります。一方、醤油は通常、甘みの強い醤油よりもはるかに薄いです。

あなたが寿司と刺身のファンなら、あなたは醤油に精通している必要があります。でも醤油にチョコレートを混ぜるとどんな味がするのでしょうか?

新着!
日本ならではの醤油ブレンドチョコレート醤油写真:グレーピー

Dikutip dari Grapee (20/1), sebuah perusahaan asal Jepang telah mengembangkan kecap rasa cokelat. Kecap cokelat ini akhirnya berhasil dibuat setelah melalui berkali-kali percobaan selama 4 tahun.

Baca Juga: Inovatif! Jepang Terapkan Wisata Petik Stroberi Drive-Thru

Yuasa Soy Sauce Ltd., perusahaan kecap berusia 140 tahun ini berhasil memproduksi kecap rasa cokelat ini. Perusahaan yang berlokasi di Wakayama, Jepang ini telah mengumumkan peluncuran produk terbaru kecap cokelat mereka secara resmi.

Dalam percobaannya, produsen kecap ini dipimpin oleh Kanako Satsutani yang merupakan juri internasional Chocolate Award sejak 2014 untuk mengembangkan kecap rasa cokelat. Diberi nama Cacao Jang, kecap cokelat ini menggunakan cokelat yang sama yang digunakan dengan merk cokelat asal Prancis, Erithaj.

Grapee(20/1)からの引用で、日本の会社はチョコレート風味の醤油を開発しました。このチョコレート醤油は、4年間の試行錯誤を経てようやく作られました。

また読む:革新的!日本はドライブスルーいちご狩りツアーを実施

140年の歴史を持つ湯浅醤油株式会社は、このチョコレート風味の醤油の製造に成功しました。日本の和歌山にある同社は、最新のチョ​​コレート醤油製品の発売を正式に発表しました。

実験では、この醤油 生産者は、チョコレート風味の醤油を開発したことで2014年から国際チョコレート賞の審査員を務めている薩谷加奈子が率いました。カカオチャンと名付けられたこのチョコレートソースは、フランスのチョコレートブランドであるエリタジが使用しているのと同じチョコレートを使用しています。

新着!
日本ならではの醤油ブレンドチョコレート醤油写真:グレーピー

Cacao Jang dibuat dengan merendam biji kakao dalam kecap yang sebelumnya telah dipanggang terlebih dahulu. Kuyo Murasaki, seorang penelusur saus tamaru, mencoba menelusuri asal-usul kecap hingga ke abad-19 ketika kecap tidak sengaja ditemukan dalam proses fermentasi Kinsanjo miso. Teknikn yang sama dipakai untuk membuat Cacao Jang.

Cacao Jang mengklaim, ketika tutup wadah kecap cokelat mereka dibuka akan ada aroma cokelat lembut yang memanjakan hidung. Rasanya pun akan memberikan sensasi yang berbeda dengan kecap umumnya. Akan ada jejak rasa umami dari gabungan cokelat dan kecap.

Cacao Jang diproduksi dalam 2 jenis yaitu pasta yang lebih halus dan yang lebih kasar. Mungkin akan terbayang rasa manis yang selama ini dikenal sebagai karakteristik cokelat. Tetapi, Cacao Jang tidak menggunakan gula tambahan sehingga pesona rasa cokelat akan keluar secara alami dari aroma, rasa dan umami.

カカオチャンは、カカオ豆を事前に焙煎した醤油に浸して作られています。タマルソースの探検家である紫久代は、金山城味噌の発酵過程で偶然に醤油が発見された19世紀に醤油の起源をたどろうとしました。同じテクニックを使ってカカオチャンを作ります。

カカオチャンは、醤油容器の蓋を開けると、柔らかなチョコレートの香りが鼻を甘やかすと主張しています。味も醤油とは違う感覚になります。チョコレートと醤油の組み合わせでうま味の痕跡が残ります。

カカオチャンは、細かいペーストと粗いペーストの2種類で生産されています。チョコレートの特徴として知られる甘みを想像してみてください。しかし、カカオチャンは砂糖を加えていないので、香り、味、うま味からチョコレート風味の魅力が自然に浮かび上がります。

新着!
日本ならではの醤油ブレンドチョコレート醤油写真:グレーピー

Dalam kecap cokelat ini, Cacao Jang membuat kolaborasi 2 makanan fermentasi. Biji kakao yang difermentasi menjadi cokelat dan biji kedelai yang difermentasi menjadi kecap.

Rasa unik yang dimiliki oleh kecap cokelat ini akan cocok jika dipadukan dengan hidangan unggas berbahan ayam atau bebek atau bahkan seafood. Bahkan, cokelat kecap ini juga diklaim akan cocok jika ditambahkan dalam masakan kari.

Cacao Jang akan dijual dengan jumlah yang terbatas dan dikirim ke seluruh Jepang. Untuk ukuran 140 gram dalam kemasan botol kaca, Cacao Jang akan dijual seharga 1.620 Yen atau setara dengan Rp. 220 ribu.

このチョコレート醤油で、カカオ チャンは2つの発酵食品のコラボレーションを行います。カカオ豆は発酵してチョコレートになり、大豆は発酵して醤油になります。

このチョコレートソースの独特の味は、鶏肉や鴨肉、さらにはシーフードから作られた鶏肉料理と組み合わせると完璧です。実際、この醤油チョコレートはカレー料理に加えるのにも適していると言われています。

カカオチャンは数量限定で日本全国に発送されます。ガラス瓶入り140グラムのカカオチャンは、1,620円相当のRpで販売されます。22万。

Previous post 9GAG Yuasa Soy Sauce’s Cacao Jang 日本が世界初のチョコレート醤油を発売
Next post 雑誌ミセス 2021年2月号にカカオ醤油が掲載されました